August 2, 2016

Cara Install PostgreSQL (stable) versi Terbaru pada Ubuntu

Berikut ini adalah cara instalasi PostgreSQL versi stable yang terbaru pada OS Ubuntu Linux. Panduan ini berlaku untuk hampir semua versi Ubuntu dan juga variannya (Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Edubuntu, dll).

Pertama kita akan melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa PostgreSQL yang akan kita install adalah versi yang terbaru.

Catatan : Versi PostgreSQL yang kita targetkan untuk diinstall adalah versi terbaru yang stable dan dapat digunakan pada production mode.

1. Via Apt

Update Apt repository anda pada terminal (buka terminal dengan Ctrl+Alt+T)
sudo apt-get update

Selanjutnya cek versi PostgreSQL yang ada di repository Apt, yaitu dengan command berikut :
apt-cache policy postgresql

Lihat di bagian "candidate". Itu adalah versi PostgreSQL yang akan diinstall ke komputer anda seandainya anda melakukan command apt-get install pada saat ini. Tapi jangan buru-buru install dulu, kita perlu meng-crosscheck apakah versi PostgreSQL tersebut benar-benar yang terbaru ataukah tidak.

Buka website resmi PostgreSQL (postgresql.org) untuk melihat versi current stable dari PostgreSQL, anda bisa melihat di halaman documentation. Untuk yang versi stable terbaru itu yang ada tulisannya "current" sebelum tulisan versinya (pada link bagian atas) ketika anda membuka salah satu halaman manuals.

Selanjutnya jika versi candidate yang ada di Apt tadi adalah versi stable yang terbaru, maka anda bisa langsung menginstallnya dengan command berikut:
sudo apt-get install postgresql

Namun jika versi stable yang terbaru itu bukanlah yang ada di repository Apt, maka kita perlu melakukan langkah kedua berikut ini.

2. Import Repository

Anda telah mengetahui bahwa package PostgreSQL di repository APT saat ini bukanlah versi yang terbaru, dan anda menginginkan untuk menginstall versi yang terbaru. Maka dari itu kita perlu import repository dari postgresql.org.

Tambahkan source repository dengan command berikut :
sudo sh -c 'echo "deb http://apt.postgresql.org/pub/repos/apt/ `lsb_release -cs`-pgdg main" >> /etc/apt/sources.list.d/pgdg.list'

Import repository signing key dengan command berikut :
wget -q https://www.postgresql.org/media/keys/ACCC4CF8.asc -O - | sudo apt-key add -

Selanjutnya update repository anda.
sudo apt-get update

Sampai pada step ini, jika anda melakukan pengecekan versi candidate dari PostgreSQL di repository anda, anda akan melihat bahwa versi candidate yang akan diinstall adalah versi stable yang terbaru.
sudo apt-cache policy postgresql

Selanjutnya anda dapat memulai menginstall dengan command ini (pilih "y" jika ada prompt mengkonfirmasi installasi):
sudo apt-get install postgresql
Tunggu hingga proses instalasi PostgreSQL stable versi terbaru di komputer anda selesai.

No comments:

Post a Comment